Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

JURNAL REFLEKSI MODUL 1.3 VISI GURU PENGGERAK



PERISTIWA (FACTS)

Pada modul 1.3 Visi Guru Penggerak, Calon Guru Penggerak diajak menggali pemahaman mengenai arti penting visi seorang guru. Memaknai bagaimana pentingnya visi tentang murid dengan membuat gambaran tentang "Imajiku tentang Muridku di Masa Depan".

Selain itu Calon Guru Penggerak juga merumuskan visi mengenai murid dan bagaimana sekolah yang berpihak pada murid di masa depan. Dalam mewujudkan visi tersebut dilakukan dengan pendekatan Inkuiri Apresiatif. Inkuiri Apresiatif dikenal sebagai manajemen perubahan yang kolaboratif berbasis kekuatan. Implementasinya dimulai dengan menggali hal-hal positif, keberhasilan yang telah dicapai dan kekuatan yang dimiliki organisasi, sebelum melakukan perencanaan perubahan. Inkuiri Apresiatif terdapat lima tahapan akronim BAGJA, yaitu Buat pertanyaan, Ambil pelajaran, Gali mimpi, Jabarkan rencana, Atur eksekusi. 

Tugas Kolaborasi Kelompok 1 BAGJA by Teknik Mesin on Scribd

PERASAAN (FEELINGS)

Saya merasa senang dan bangga belajar modul 1.3 Visi guru penggerak, banyak ilmu yang saya saya dapatkan, bertambah wawasan, berbagi ilmu, berbagi pengalaman dan berbagi motivasi sesama calon guru penggerak.



 
PEMBELAJARAN (FINDINGS)

Setelah mempelajari Modul 1.3 Visi Guru penggerak ini mendapatkan pembelajaran untuk melakukan perubahan yang positif kita fokuskan pada kekuatan yang telah dimiliki sehingga pemikiran kita mengarah pada hal positif.

PENERAPAN (FUTURE)

Penerapan Modul 1.3 Visi penggerak adalah saya akan mengajak guru kejuruan dan umum untuk berkolaborasi melakukan perubahan, dengan mengidentifikasi kekuatan yang telah dimiliki. Saya melakukan sosialisasi mengenai Inkuiri Apresiatif Bagja tentang cara mewujudkan peserta didik yang kreatif dan mandiri.


-=TERIMA KASIH =-

Posting Komentar untuk " JURNAL REFLEKSI MODUL 1.3 VISI GURU PENGGERAK"