Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

GTM X1 - 4.1 FUNGSI PERINTAH DRAW CAD 2D

 

Mata Pelajaran : Gambar Teknik Manufaktur XI

Durasi : 16 Jam Pelajaran

Moda : Mandiri dan Praktik


Capaian Pembelajaran

Pada akhir fase F, peserta didik mampu menggambar dengan CAD 2D menggunakan toolbar dan draw, mengedit dengan modify dan memberikan ukuran gambar dengan dimension pada bidang manufaktur.

Tujuan Pembelajaran

  • Menjelaskan fungsi perintah toolbar untuk menggambar dengan CAD 2D
  • Menjelaskan fungsi perintah draw untuk menggambar dengan CAD 2D
  • Menjelaskan fungsi perintah modify untuk menggambar dengan CAD 2D
  • Menjelaskan fungsi perintah dimension untuk menggambar dengan CAD 2D
  • Menggunakan fungsi perintah toolbar untuk menggambar dengan CAD 2D pada bidang manufaktur
Bahan Ajar Fungsi Perintah Draw


A. Fungsi Perintah Toolbar

Belajar AutoCAD Mesin penting bagi Peserta Didik SMK. AutoCAD merupakan salah satu kepanjangan dari Gambar Teknik yang digambar menggunakan komputer. Fungsi menguasai AutoCAD adalah mempersiapkan diri dalam mengisi tenaga kerja yang terampil maupun sebagai modal kuliah. 

Berikut ini Tip Sebelum Belajar AutoCAD :

1. Objek SNAP, Osnap berfungsi untuk menyetel mode jepret (snap) objek yang sedang berjalan. Tab jepretan objek dari kotak pengaturan draf yang di tampilkan. Cara menampilkan Objek OSNAP adalah :
  • Command : OSNAP
  • Toolbar : 

  • From : untuk memilih titik relatif terhadap titik yang dipilih 
  • Endpoint : untuk mendapatkan ujung sebuah garis (line), persegi (rectangle) dll
  • Midpoint : untuk mendapatkan titik tengah 
  • Center : untuk mendapatkan titik pusat lingkaran
  • Node : untuk mendapatkan titik dari titik 
  • Quadrant : untuk mendapatkan titik quadrat dari sebuah lingkaran 
  • Intersection : untuk mendapatkan titik perpotongan 
  • Perpendicular : untuk mendapatkan tegak lurus terhadap sebuah bidang 
  • Tangent : untuk mendapatkan titik singgung 
  • Nearest : untuk mendapatkan titik terdekat dengan cursor
  • Parallel : untuk mendapatkan kesejajaran garis

2. UCS

UCS berfungsi untuk menyetel asal dan orientasi UCS saat ini. UCS adalah sistim koordinat aktif yang menetapkan bidang XY sebagai bidang kerja dan arah Z untuk menggambar dan memodelkan. Command : Ucs

  • WCS (World Coordinate System), WCS berfungsi untuk menyelaraskan UCS dengan sistim koordinat dunia (WCS). Anda juga dapat mengklik ikon UCS dan memilih WCS dari menu pegagangan asal. 
  • UCS Previous, UCS Previous berfungsi untuk mengembambalikan UCS sebelumnya. Anda dapat mundur melalui 10 pengaturan UCS terakhir di sesi ini. Pengaturan UCS disimpan secara independen untuk ruang model dan ruang kertas.
  • UCS Face, UCS Face berfungsi untuk menyelaraskan UCS secara dinamis ke wajah pada objek 3D. Gerakkan kursor ke atas wajah untuk melihat pratinjau bagaimana UCS akan disejajarkan. 


  • UCS Object, UCS Object berfungsi untuk menyelaraskan UCS dengan objek 2D atau 3D yang dipilih. UCS dapat disejajarkan dengan tipe objek apapun kecuali xlines dan 3D polylines. 


  • UCS View, View UCS berfungsi untuk menyelaraskan bidang XY UCS dengan bidang tegak lurus dengan arah pandangan anda. Titik asal tetap tidak berubah, tetapi sumbu X dan Y menjadi horizontal dan vertikal 


  • UCS 3 Point, UCS 3 Point berfungsi untuk menyelaraskan menggunakan tiga titik, yaitu X, Y dan Z. 


  • UCS X, UCS X berfungsi untuk memutar UCS pada sumbu X. Arahkan ibu jari kanan anda ke arah positif dari sumbu X dan tekuk jari anda. 


  • UCS Y, UCS Y berfungsi untuk memutar UCS pada sumbu Y. Arahkan ibu jari kanan anda ke arah positif sumbu Y dan tekuk jari-jari anda. 


  • UCS Z, UCS Z berfungsi untuk memutar UCS pada sumbu Z. Arahkan ibu jari kanan anda ke arah positif sumbu Z dan tekuk jari anda. 


  • UCS Origin, UCS Origin berfungsi untuk mengembalikan posisi UCS pada posisi semula. Anda dapat menentukan UCS apapun dengan menentukan asal dan satu atau lebih rotasi disekitar sumbu X, Y atau Z. 


3. ZOOM

Zoom berfungsi untuk menambah atau mengurangi pembesaran tampilan di viewport saat ini. Anda dapat mengubah pembesaran tampilan dengan memperbesar dan memperkecil, yang mirip dengan memperbesar dan memperkecil dengan kamera. Menggunakan ZOOM tidak mengubah ukuran absolut objek pada gambar, tetapi hanya mengubah pembesaran pandangan. Command : Zoom

  • Zoom All, Zoom All berfungsi untuk menampilkan semua objek yang terlihat dan alat bantu visual.

  • Zoom Center, Zoom Center berfungsi untuk memperbesar tampilan yang ditentukan oleh titik pusat dan nilai pembesaran atau ketinggian.

  • 3. Zoom Dynamic, Zoom Dynamic berfungsi untuk pan dan zoom menggunakan kotak tampilan persegi panjang. 

  • Zoom Extents, Zoom Extents berfungsi untuk memperbesar tampilan luasan maksimum semua objek. 

  • Zoom Previous, Zoom Previous untuk memperbesar tampilan sebelumnya. Anda dapat memulihkan hingga 10 tampilan sebelumnya. 

  • Zoom ScaleZoom Scale berfungsi untuk memperbesar tampilan menggunakan faktor skala. 

  • Zoom Window, Zoom Window berfungsi untuk memperbesar tampilan area yang ditentukan oleh jendela persegi panjang. 

  • Zoom Object, Zoom Object berfungsi untuk memperbesar tampilan atau lebih objek terpilih sebesar mungkin dan di tengah tampilan. Anda dapat memilih objek sebelum atau sesudah anda memulai perintah ZOOM. 

  • Real Time , Real Time berfungsi untuk memperbesar secara interaktif tampilan. Kursor berubahn menjadi kaca pembesar dengan tanda plus (+) dan minus (-). 

  • 10. In - Out , In berfungsi untuk memperbesar tampilan saat ini dengan faktor 2. Sedang Out berfungsi untuk memperkecil tampilan saat ini dengan faktor 2. 

4. PAN

Pan berfungsi untuk menggeser tampilan tanpa mengubah arah tampilan atau pembesaran. Posisikan kursor di lokasi awal dan tekan tombol kiri mouse ke bawah. Seret kursor ke lokasi baru. Anda juga dapat menekan roda gulir mouse atau tombol tengah ke bawah dan menyeret kursor untuk menggeser. Command : Pan 


B. Fungsi Perintah Draw


1. Line
Line berfungsi membuat sebuah garis konstruksi.
Command : XLINE



2. Polyline
Polyline berfungsi membuat garis yang saling berhubungan.
Command : PLINE


3. Rectangle
Rectangle berfungsi membuat sebuah persegi panjang.
Command : REC

4. ARC

Arc berfungsi membuat busur lingkaran.
Command : ARC

  • 3 Point (3 Titik)
  • Start Center End 
  • Start Center Angle 
  • Start Center Length
  • Start End Angle

  • Selebihnya cara sama dengan cara di atas. 

Video Tutorial Fungsi Perintah Draw

5. Circle 
Circle berfungsi membuat sebuah lingkaran.

Command : CIRCLE
  • Center Radius 
  • Center Diameter
  • 2 Point 
  • 3 Point 
  • Tan Tan Radius
  • Tan Tan Tan 

6. Polygon
Polygon berfungsi membuat luasan sama sisi.
Command : POL


Video Tutorial Fungsi Perintah Draw

7. Spline 

Spline berfungsi membuat garis tidak beraturan /
garis potong .
Command Line : SPLINE
8. Ellipse
Ellipse berfungsi membuat benda ellipse atau lonjong
Command Line : ELLIPSE
  • Axis End 
  • Center 
  • Elliptical Arc
9. Point
Point berfungsi membuat sebuah titik
Command : POINT


Untuk mengubah typr dari point dapat menggunakan perintah DDPTYPE, maka akan tampil seperti gambar berikut : 
     


10. Hatch
Hatch berfungsi membuat sebuah arsiran
Command Line : 
11. Region
Region berfungsi membuat benda region
Command Line : REGION
12. Table 
Table berfungsi membuat sebuah tabel
Command Line : TABLE
13. Text

Text berfungsi membuat sebuah teks / tulisan.
Command : MTEXT

Lembar Kerja

Setelah mempelajari bahan ajar, marilah kita mengukur kemampuan pemahaman dengan mengerjakan lembar kerja berikut ini :

1. Jelaskan Fungsi dan Perintah dari : Line, Rectangle, Arc!

2. Jelaskan Fungsi dan Perintah dari : Circle, Polygone, Hatch!

3. Jelaskan Fungsi dan Perintah dari : Point, Region dan Text!

4. Gambarlah Objek 2D Menggunakan CAD!

  • Gambar ke-1
  • Gambar ke-2



5. Lakukan asesmen kepada guru pengampu.

-= TERIMA KASIH =-

Posting Komentar untuk "GTM X1 - 4.1 FUNGSI PERINTAH DRAW CAD 2D"