Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

GTM XII - 2.3 FUNGSI PERINTAH SOLID EDIT LANJUT

  

SELAMAT DATANG

Solid edit berfungsi sebagai perintah untuk mengedit faces dan edges pada objek solid 3D. Anda dapat meng Extrude, Move, Rotate, Offset, Taper, Copy, Delete, menetapkan warna dan bahan pada permukaan (Faces) dan tepi (Edges). Anda juga dapat mencetak (Imprint), memisahkan (separate), menguliti (shell), membersihkan (clean), dan memeriksa validitas object. Anda tidak dapat menggunakan SOLIDEDIT dengan objek mesh. Namun, jika Anda memilih objek mesh tertutup, Anda akan diminta untuk mengubahnya menjadi 3D solid. 


A. Face (Permukaan)

Mengedit permukaan padat 3D yang dipilih dengan mengekstrusi, memindahkan, memutar, mengimbangi, meruncing, menghapus, menyalin, atau mengubah warnanya.

1. Extrude

Extrude berfungsi memperluas permukaan padat 3D ke arah X, Y, atau Z. Anda dapat mengubah bentuk objek dengan menggerakkan wajahnya.

2. Extrude Height



Extrude Height berfungsi mengatur arah dan jarak ekstrusi. Memasukkan nilai positif mengekstrusi wajah ke arah normalnya. Memasukkan nilai negatif mengekstrusi wajah ke arah yang berlawanan dengan normalnya. 

3. Extrude Path

Extrude Path berfungsi untuk menetapkan jalur ekstrusi berdasarkan garis atau kurva tertentu. Semua profil wajah yang dipilih diekstrusi sepanjang jalur yang dipilih.

4. Move Face

Move face berfungsi untuk memindahkan wajah yang dipilih pada objek padat 3D ke ketinggian atau jarak tertentu. Anda dapat memilih beberapa wajah sekaligus. 

5. Rotate Face

Rotate face berfungsi untuk memutar satu atau beberapa permukaan atau sekumpulan fitur secara solid di sekitar sumbu yang ditentukan. Anda dapat mengubah bentuk objek dengan memutar wajahnya. 

6. Offset Face

Offset Face berfungsi untuk mengimbangi wajah sama rata dengan jarak tertentu atau melalui titik tertentu. Nilai positif meningkatkan ukuran atau volume padatan, sedangkan nilai negatif mengurangi ukuran atau volume padatan. 

7. Taper Face

Taper face berfungsi untuk mengecilkan solid 3D pada sudut tertentu. Rotasi sudut lancip ditentukan oleh urutan pemilihan titik dasar dan titik kedua sepanjang vektor yang dipilih.

8. Delete Face

Delete Face berfungsi untuk menghapus atau menghilangkan wajah, termasuk fillet dan chamfer. Gunakan opsi ini untuk menghapus dan kemudian memodifikasi tepi fillet dan chamfer.

Bahan Ajar Fungsi Perintah Solid Edit Lanjut

B. Edge (Tepi)

Mengedit objek padat 3D dengan mengubah warna atau menyalin setiap tepi.

1. Copy Edge

Copy Edge berfungsi menyalin tepi yang dipilih pada solid 3D sebagai busur 2D, lingkaran, elipsis, garis, atau splines.

2. Color Edges 

Color Edge berfungsi mengubah warna tepi individu pada objek padat 3D.


C. Body
Mengedit seluruh benda padat dengan mencetak geometri lain pada benda padat, memisahkan benda padat menjadi benda padat individu, menembaki, membersihkan, atau memeriksa padatan yang dipilih. 

1. Imprint Body

Imprint Body berfungsi mencetak objek pada padatan yang dipilih. Objek yang akan dicetak harus memotong satu atau beberapa permukaan pada padatan yang dipilih agar pencetakan berhasil. Pencetakan terbatas pada objek berikut: busur, lingkaran, garis, polylines 2D dan 3D, elips, splines, region, body, dan padatan 3D.

2. Separate Body

Separate Body berfungsi memisahkan benda padat 3D dengan volume terputus-putus (terkadang disebut gumpalan) menjadi benda padat 3D tersendiri. Menggabungkan benda padat diskrit menggunakan operasi gabungan (UNION) dapat menyebabkan volume terputus-putus. 

3. Shell Body

Shell Body berfungsi menciptakan dinding tipis berongga dengan ketebalan tertentu. Anda dapat menentukan ketebalan dinding yang konstan untuk semua permukaan. Anda juga dapat mengecualikan wajah dari shell dengan memilihnya. Padatan 3D hanya dapat memiliki satu cangkang. Wajah baru dibuat dengan mengimbangi yang sudah ada di luar posisi aslinya.


4. Clean Body

Clean body berfungsi untuk menghapus tepi atau simpul bersama yang memiliki permukaan atau definisi kurva yang sama di kedua sisi tepi atau simpul. Menghapus semua tepi yang berlebihan, simpul, dan geometri yang tidak digunakan. Tidak menghilangkan tepi yang tercetak.

-= TERIMA KASIH =-

Posting Komentar untuk "GTM XII - 2.3 FUNGSI PERINTAH SOLID EDIT LANJUT"