Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

GTM XII - 2.2 FUNGSI PERINTAH KENDALI CAD 3D

 

SELAMAT DATANG

A. Perintah Kendali 3D

1. Orbit

  • Orbit berfungsi memutar tampilan dalam ruang 3D, tetapi dibatasi hanya untuk orbit horizontal dan vertikal. 3DORBIT mengaktifkan tampilan Orbit 3D di viewport saat ini. Jika Anda menyeret kursor secara horizontal, kamera bergerak sejajar dengan bidang XY dari sistem koordinat dunia (WCS). Jika Anda menyeret kursor secara vertikal, kamera bergerak di sepanjang sumbu Z. 
  • Free Orbit berfungsi untuk memutar tampilan dalam ruang 3D tanpa membatasi gulungan. 3DFORBIT mengaktifkan tampilan Orbit Gratis 3D di viewport saat ini. Tampilan Orbit Gratis 3D menampilkan sebuah bola busur, yang membantu menentukan titik pandang orbit.
  • Continuous Orbit berfungsi untuk memulai gerakan berkelanjutan. Saat Anda melepaskan tombol pada perangkat penunjuk, orbit berlanjut ke arah yang Anda seret. Kecepatan yang disetel untuk gerakan kursor menentukan kecepatan objek berputar.
2. 3D Views


3D Views mengacu pada mata angin dan gambar pandangan diberikan sebagian, lebih jelas dicoba langsung pada aplikasi AutoCAD.


3. Visual Style

Visual Style berfungsi untuk mengontrol tampilan tepi, pencahayaan, dan bayangan. Kontrol efek visual style dengan mengubah propertinya. Saat Anda menerapkan visual style atau mengubah pengaturannya, area pandang terkait secara otomatis diperbarui untuk mencerminkan perubahan tersebut. 


Manajer visual style menampilkan semua gaya yang tersedia dalam gambar. Pengaturan untuk style yang dipilih ditampilkan di panel di bawah gambar contoh. Anda dapat mengubah beberapa pengaturan yang sering digunakan atau membuka Manajer visual style. 
  • 2D Wireframe : menampilkan objek menggunakan garis dan kurva untuk mewakili batas. 
  • Conceptual : menampilkan objek menggunakan bayangan halus dan gaya wajah Gooch. Gaya wajah Gooch bertransisi antara warna sejuk dan hangat, bukan gelap dan terang. Efeknya kurang realistis, tetapi dapat membuat detail model lebih mudah dilihat. 
  • Hidden : menampilkan objek menggunakan representasi wireframe dan menyembunyikan garis yang merepresentasikan wajah belakang.
  • Realistic : menampilkan objek menggunakan bayangan dan bahan halus.
  • Shaded : menampilkan objek menggunakan bayangan halus. 
  • Shaded with Edges : menampilkan objek menggunakan bayangan halus dan tepi yang terlihat. 
  • Shades og Grey : menampilkan objek menggunakan bayangan halus dan bayangan monokromatik abu-abu. 
  • Sketchy : menampilkan objek dengan efek sketsa tangan menggunakan Line Extensions dan pengubah tepi Jitter. 
  • Wireframe : enampilkan objek menggunakan garis dan kurva untuk mewakili batas. 
  • X-Ray : menampilkan objek dengan transparansi parsial. 

-= TERIMA KASIH =-

Posting Komentar untuk "GTM XII - 2.2 FUNGSI PERINTAH KENDALI CAD 3D"